KEGIATAN
LSP KATIGA PASS
...
K3

Kenapa Harus Memberikan Safety Talk Kepada Pekerja?

By Admin LSP KATIGA PASS

23 Februari 2024 09:20:22


Pentingnya Safety Talk Sebagai Usaha Pencegahan Kecelakaan

 

Safety talk atau safety meeting merupakan sebuah cara untuk selalu mengingatkan kepada para pegawai tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja di area kerja. Biasanya materi yang diberikan melalui safety talk ini sifatnya spesifik kepada lingkungan kerja dan tidak harus selalu dilakukan di ruang yang khusus. Manfaat Safety Talk atau Safety Meeting! Manfaat safety meeting atau Safety talk yaitu untuk pengenalan dan pengingat segala jenis aturan-aturan dari kesehatan dan keselamatan kerja, agar sebuah aktivias pekerjaan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu safety talk berguna juga untuk selalu mengantisipasi dan lebih menyadarkan para pekerja tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja. Banyak kecelakaan kerja yang terjadi sampai sekarang adalah di karenakan keteledoran para pekerja itu sendiri. Para pekerja tidak begitu sadar akan keselamatan kerja. Contoh, tidak menggunakan alat keselamatan kerja sesuai dengan standar yang berlaku, tidak mematuhi aturan pekerjaan sesuai dengan rules yang sudah diberikan oleh perusahaan dan lain sebagainya.

Cara melakukan safety talk yang efektif dan efisien adalah dengan merangkum kumpulan materi safety meeting antara lain:

  • materi yang menjadi pembahasan mempunyai hubungan denga area kerja atau medan kerja dari semua pegawai

  • Cara menyampaikan materi usahakan dengan bahasa yang jelas dan singkat (tidak perlu terlalu bertele-tele yang justru membuat para pegawai tidak menangkap maksud dari materi tersebut)

  • Lakukan contoh bagaimana mengatasi dan menanggulangi kecelakaan kerja di area kerja. Lakukan dengan contoh

  • Selalu mencatat dalam sebuah note yang tertera tema dari materi safety talk, catat tanggal dan jamnya juga. Hal ini berguna sebagai pengingat kepada para pegawai bahwa materi tersebut sudah pernah di sampaikan dalam sebuah forum safety talk. Dengan begitu para pegawai akan selalu kontrol dalam menjalan setiap pekerjaan yang dilakukan di area kerja.

Pentingnya memberikan pengarahan dalam bentuk forum atau briefing safety talk ini. Banyak para pegawai yang tidak mendapatkan materi safety talk dari perusahaannya bernaung, akibatnya karena kurangnya pengetahuan tentang cara-cara melakukan pekerjaan dengan baik sesuai dengan bagian-baigian nya masing-masing para pegawai sering mengalami kecelakaan kerja.

 

sumber : safetnet asia

 

Artikel Terkait

...
K3

Jakarta, 7 Juni 2024 - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik

...
K3

Potensi Bahaya di Lingkungan Kerja Kelautan: Ancaman yang Perlu Diwaspadai -&nbsp;</stron

...
K3

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mengerjakan beberapa aktivitas at

...
K3

Kondisi Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Menurut Jamsostek pa